Kick off Meeting Pembangunan Manajemen Mutu Kualitas Penilaian Sistem Merit oleh KASN melalui ISO 9001:2015

Kick off Meeting Pembangunan Manajemen Mutu Kualitas Penilaian Sistem Merit oleh KASN melalui ISO 9001:2015

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar kick off meeting pembangunan manajemen mutu kualitas penilaian sistem merit melalui ISO 9001:2015. Pembangunan manajemen mutu dimaksudkan untuk melakukan standardisasi proses penilaian KASN terhadap penerapan sistem merit di instansi pemerintah. Upaya tersebut sekaligus menetapkan keterbukaan dan terjaganya akuntabilitas sehingga pelayanan KASN, dalam hal pengawasan implementasi sistem merit lebih berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, mengatakan, KASN berkomitmen kuat untuk membangun manajemen mutu kualitas penilaian sistem merit. Maka dari itu, diperlukan kerja sama dari berbagai unit di KASN untuk menyukseskan upaya tersebut. 

Di samping itu, Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto, menyebut seluruh jajaran KASN yang terlibat harus siap dalam lima bulan ke depan. “Kita harus siap-siap dalam lima bulan ke depan untuk serius melakukan implementasi ISO 9001:2015. Dalam jangka waktu tersbut akan dilakukan perbaikan dan peningkatan dalam penilaian sistem merit. Mohon kerja sama seluruh jajaran KASN untuk membantu melancarkan kegiatan ini,” Tasdik berpesan dalam rapat, Kamis (10/3/2022).

Lebih lanjut, Komisioner KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 1, Sri Hadiati Wara Kustriani, menyatakan, dengan adanya ISO 9001:2015, tentunya akan meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri para SDM di KASN. “Mudah-mudahan juga, ini dapat meningkatkan trust instansi pemerintah kepada KASN serta menyadarkan stakeholder di luar sana bahwa KASN serius dalam menjalankan tugas yang diberikan,” harap Sri Hadiati. 

“Hasil ISO ini akan dievaluasi kembali setiap tahun. Jadi kami tidak berhenti begitu saja setelah sertifikasinya keluar, namun kami akan melakukan evaluasi tahunan,” imbuhnya. 

Kemudian, Komisioner KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 2, Mustari Irawan, menjelaskan, saat ini dibutuhkan suatu jaminan mutu yang terstandar yang dapat memicu perubahan dalam proses penilaian penerapan sistem merit ke arah yang lebih berkualitas. Menurutnya, sertifikasi ISO 9001:2015 juga akan meningkatkan pengendalian manajemen risiko secara konsisten terus menerus.

Sebagai informasi, dalam proses mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015, KASN berkonsultasi dengan PT. Solusi Global Selaras. Proses akan berlangsung selama lima bulan ke depan, tercatat mulai 1 Maret 2022.

Sumber : https://kasn.go.id/