KASN LAKUKAN KLARIFIKASI DENGAN BKN TERKAIT CPNS KEJAGUNG

Pada Kamis 28 Januari 2021 pada pukul 10:00 WIB, Asisten Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (Askom KASN) Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah I, I Gusti Ngurah Agung Yuliarta Endrawan SH MH dan Sumardi bertemu tatap muka dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bertempat di Ruang Medlin JPT 1. Pada pagi itu, pihak Komisi ASN bersama didampingi stafnya Naufal Virindra dan Baiq Nina Meinastity, S.STP  untuk melakukan klarifikasi.

BKN pada Rapat di Medlin JPT 1 telah menginfokan bahwa setiap Instansi mempunyai metode yang berbeda dalam pelaksanaan Psikotes. Penggunaan kode Nilai 1 & 0 akan digunakan pada Sistem Seleksi CPNS Nasional untuk penentuan status TMS dan MS. Pada bobot 0 digunakan proses SKB Psikotes kode sebagai penanda bahwa tidak dilakukan akumulasi nilai untuk metode SKB Psikotes Kejaksaan Agung.

Dugaan perbedaan nilai yang terjadi pada hasil Computer Assisted Test CPNS Kejaksaan Agung T.A 2019, dikarenakan adanya peningkatan fitur keamanan data dengan melakukan enkripsi data sebelum ditayangkan secara Live Score. Namun, fitur enkripsi ini berdampak terhadap terhambatnya pembacaan skor secara aktual dengan Live Score yang diakibatkan skor yang tampil dilayar peserta belum menggambarkan nilai akhir SKB CAT BKN. Nilai akhir SKB CAT BKN tersebut diambil berdasarkan jawaban peserta yang tersimpan dalam Database CAT BKN yang di artikannya bahwa tidak ada perbedaan nilai yang bersangkutan di Database CAT BKN.

Dalam Informasi dari BKN bahwa sudah membuat Berita Acara Pelaksanaan antara Tim CAT BKN dengan Tim Kejaksaan Agung yang menginformasikan terkait dengan adanya kejadian pada Aplikasi CAT BKN yang sudah diperbaiki pada hari yang sama dan sudah tidak terjadi perbedaan nilai Live Score dengan Nilai Peserta. Selasa (01/11/2020)

Sehingga, Tim BKN telah menyerahkan Laporan Hasil Audit Trail dari salah satu peserta kepada Tim KASN yang dimana pada Laporan nya telah tercantum rekap pengisian jawaban. Mulai dari awal pengisian jawaban CAT SKB sampai dengan diselesaikannya ujian SKB beserta foto pada saat melakukan pengerjaan CAT SKB dan memastikan bahwa terjadi kendala teknis dari penilaian SKB CAT tidak dapat mengacu pada nilai yang tercantum pada Live Score BKN dan Tim BKN sudah menyerahkan bukti integrasi perhitungan nilai SKD-SKB peserta bahwa aplikasi CAT BKN dan pengolahan hasil integrasi SKD-SKB dikelola dan dikembangkan oleh SDM BKN (tidak ada pihak diluar BKN).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 , Pasal 31 ayat 2, dalam melaksanakan tugas, KASN  dapat melakukan penelusuran data dan informasi atas prakarsa sendiri terhadap pelaksanaan Sistem Merit dalam kebijakan dan Manajemen ASN pada Instansi Pemerintah dan dugaan pelanggaran norma dasar serta kode etik dan kode perilaku ASN.