KASN Bersiap Lakukan Evaluasi Kelembagaan Tahun Ini

Bimtek evaluasi kelembagaan di KASN.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sedang bersiap melakukan evaluasi kelembagaan tahun ini. Untuk mempersiapkannya, Bagian Perencanaan dan Organisasi KASN menginisiasi bimbingan teknis kepada pegawai internal KASN dengan narasumber Analis Kebijakan Ahli Muda, Haji Munawarah, dari Kementerian PAN RB.

Asisten KASN, Iwan Agustiawan Fuad, berharap bimbingan teknis ini dapat memberikan masukan kepada internal KASN untuk evaluasi organisasi. Evaluasi juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan KASN ke depannya. “[Yaitu] bagaimana peran kita dalam hal pengawasan berdampak kepada pembangunan,” jelas Iwan. 

Lebih lanjut, Plt. Kepala Sekretariat KASN, Muhaziron Sulistyo Wibowo, menjelaskan, sebelumnya KASN sudah pernah melakukan evaluasi kelembagaan pada 2020 lalu. Evaluasi tersebut berdampak kepada perampingan struktur organisasi, yaitu dengan menghilangkan pejabat setara eselon IV dan menambah fungsi pengawasan internal di eselon III. 

“Dalam waktu dekat akan dilakukan evaluasi kelembagaan KASN. Mudah-mudahan arah evaluasi nanti akan memperkuat fungsi KASN,” ungkap Muhaziron. 

Sementara itu, Haji Munawarah, menerangkan, dalam evaluasi sebuah lembaga mengacu kepada Permen PAN RB Nomor 20 Tahun 2018. Evaluasi wajib dilaksanakan paling singkat tiga tahun sekali. Evaluasi tersebut nantinya berupa self assessment yang terdiri dari beberapa tahap, yakni persiapan, pengumpulan data dan informasi, pengolahan dan analisis data, serta penyampaian laporan evaluasi. Hasil evaluasi selanjutnya akan diverifikasi oleh Kementerian PAN RB. (NQA/HumasKASN)

Sumber : https://kasn.go.id